Senin, 17 Juni 2013

Defini Manusia.



Manusia itu bisa disebut(dinyatakan manusia) jika dirinya telah memahami,menanamkan,melaksanakan, Asah, Asih, Asuh dan Roso, Budi, Karso.
Asah: adalah upaya mencerdaskan anak bangsa dengan cara memberikan pemahaman, mendidik, menanamkan akhlak, agar manusia itu mempunyai rasa tangggung jawab atas dirinya, sesama,lingkungan, budaya,agama,bangsa dan Negara, dengan didasari kesadaran individu, yang mana hidup didunia seharusnya melaksanakan hal yang bersifat amanah.
Asih :Adalah menanamkan kedalam diri, Hati sanubari, agar jiwa- jiwa yang hidup tertanam rasa kasih sayang pada sesama sehingga bangkitlah rasa tanggung jawap didalam kehidupan untuk saling menolong, membantu, baik yang bersifat material ataupun moral yang dilandasi semangat kebersamaan,persaudaraan, dengan tidak membedakan suku,agama,ras,kaya dan miskin, dalam rangka menuju NKRI sehingga tercipta sebuah kehidupan berbangsa dan bernegara yang solit, dengan demikian maka di Negri ini akan terjadi kemakmuran, keadilan, pemerataan, hidup damai aman dan sentosa.

Asuh : Adalah rasa dan perasa yang menjadikan landasan dalam kehidupan didunia ini hidup merasakan adanya tanggung jawab pada sesama untuk selalu saling memberi, membina yang lemah, tertinggal dalam ilmu pengetahuan, terbelakang dalam ilmu agamanya, memupuk budaya Bangsa yang mulai terkikis oleh budaya asing, sehingga kehidupan yang mandiri akan tercipta disekitar kita tanpa adanya ketergantungan pada orang lain, Dengan demikian sinergi dalam kehidupan, keseimbangan dalam bertindak akan melekat pada karakter Bangsa ini yang mana Negara ini ber azaskan pancasila, didalamnya BHINNEKA TUNGGAL IKA.  

  1.  Bintang dilangit terdekat, mampu menyaksikan bintang bulan dan matahari dilangit terdekat.
  2. Rantai, bermunajat dan mampu merantai mengendalikan hawa nafsu.
  3. Iman, kekukuhan iman, ibarat pohon besar yang ber-akar tunggang kepusat bumi (hablulminallahi). Batangnya tempat bersandar, akarnya tempat duduku, dahan dan daunnya tempat berteduh dan buahnya pelepas dahaga (hablulminnasi).
  4. Tafakur, mampu menutup mata lahir dan membuka mata bathin.
  5. Padi dan Kapas, bahwa kehidupan dunia, terutama rumah tangga harus al sakinah (cukup, rukun), yang dilambangkan dengan padi dan kapas.

Roso : Adalah rasa pada diri yang ada sejak manusia lahir kebumi yang mana sesungguhnya pada saat itu anak manusia dalam keaadaan fitrah disebabkan oleh nafsu duniawinya belu berpungsi sehingga keseharianya hayalah pasrah kepada sang khaliq melalui pangkuan sang Ibu,  proses terus berjalan seiring dengan jalanya waktu Rasa menjadi perasa karena hidup itu ada aturan dan peraturan yang mengikat gerak dan langkah manusia agar terhindar dari belunggu nafsu duniawi semata agar perjalanan hidupnya sesuai dengan ketentuan yang ada pada manusia yang menyandang perikemanusiaan, perikeadilan dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur agama dan budaya bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar